Yogurt, Minuman Yang Berkhasiat

Yogurt, Minuman Yang Berkhasiat

WinNetNews.com - YOGURT telah lama menjadi konsumsi favorit masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta. Cita rasa yogurt yang unik dan menarik serta kemasannya yang simple dan mudah disimpan dalam lemari pendingin menjadi pilihan masyarakat untuk mengonsumsinya sebagai pengganti susu.

Tekstur pada yogurt pada umumnya lembut karena adanya pemecahan molekul protein menjadi peptida-peptida sehingga butiran-butiran pada susu akan berubah menjadi molekul yang lebih kecil yang disebabkan karena aktivitas dari BAL ( Bakteri Asam Laktat) pada saat fermentasi. Hasil dari fermentasi susu akan berpengaruh pada kekentalan susu, karena molekul yang telah dipecah tersebut akan mengalami homogenitas.

Yogurt merupakan makanan padat nutrisi yang memiliki banyak manfaat. Menurut Jurnal US National Library of Medicine (Ruisong Pei et al,2015) peningkatan konsumsi yogurt memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan usus, memperbaiki intoleransi laktosa, mencegah sembelit dan diare, menurunkan alergi pada rentan populasi, dan mengurangi risiko kanker usus besar dan penyakit radang usus.

Terdapat penelitian mengenai susu kambing yang bisa dijadikan yogurt karena diduga terdapat satu polipeptida aktif yang berkhasiat terhadap terapi penyakit. Namun, menurut jurnal MIPA Universitas Brawijaya (Fatchiyah et al.,2013) yogurt dari susu kambing memiliki kandungan lemak sebesar 5,7% sehingga kurang memenuhi syarat SNI untuk yogurt (maksimal 3,8%).

Tidak hanya baik sebagai bahan makanan, tapi yogurt juga dikenal karena sifatnya yang menguntungkan bagi kesehatan kulit dan rambut. Bahkan, Cleopatra dari Mesir kuno diketahui melakukan mandi yogurt untuk menjaga kecantikan kulitnya (stylecraze.com 2014) .

Saat ini terdapat berbagai olahan yogurt dengan berbagai cita rasa yang ditawarkan. Telah banyak pula restaurant yang menawarkan olahan yogurt untuk menarik para pengunjung. Rasanya yang lezat serta manfaat yang ada membuat yogurt kini semakin digandrungi masyarakat baik pada usia muda maupun tua.

disadur dari situs inilah(dot)com