YouTube Bakal Tingkatkan Iklan Mulai Tahun Depan, Netizen Korea Beri Komentar Negatif!

Nisa Diniah

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

YouTube Bakal Tingkatkan Iklan Mulai Tahun Depan, Netizen Korea Beri Komentar Negatif!
Foto: Pinterest.com

Winnetnews.com -  Setiap bulannya, industri musik K-Pop selalu diramaikan dengan deretan idol K-Pop melakukan debut dan comeback. Tak heran jika para penggemar ramai melakukan streaming party setiap kali idol favorit mereka merilis lagu.

Namun, belakangan dikabarkan bahwa YouTube akan meningkatkan iklannya. Iklan tersebut rencananya akan diposting di semua video YouTube mulai tahun depan.

YouTube baru-baru ini merevisi persyaratan layanannya untuk memungkinkan iklan diposting di video channel yang tidak termasuk dalam Program Mitra YouTube (YPP). Syarat dan ketentuan yang direvisi segera diterapkan di AS dan akan diterapkan ke negara-negara lainnya mulai pertengahan tahun depan.

YPP sendiri adalah program di mana pembuat konten bisa mendapat keuntungan dengan memasang iklan di konten YouTube mereka. Hanya pembuat dengan lebih dari 4.000 jam video untuk ditonton selama 12 bulan terakhir dan lebih dari 1.000 subscribers yang memenuhi syarat untuk program ini. Pendapatan iklan dibagi oleh YouTube dan pembuat kontent.

Jika peraturan diterapkan, bahkan video dari konten kreator kecil dan menengah yang tidak ingin bergabung program akan terpasang iklan di video mereka. Namun, karena pembuat konten ini tidak bersama YPP, mereka tidak akan bisa menerima pendapatan dari iklan.

Sontak, hal ini menuai komentar dari netizen Korea. Tak sedikit yang memberikan komentar negatif.

“Jadi, meskipun pencipta tidak menginginkannya, mereka hanya melakukan apapun yang mereka suka dan mengambil semua uang itu sendiri,” kata netizen Korea dikutip Theqoo.

“Jadi sekarang, ketika kita mendengarkan ASMR, kita akan mendapatkan iklan di tengah? Jika pembuatnya tidak mau iklan, mengapa mereka menempatkannya sendiri?,” ujar netter lain.

“Mereka harus menurunkan harga YT Premium,” tutur netter lain.

“Aku harus meletakkan AdBlock saya di mana-mana,” seru netter lain.

“Aku tidak peduli jika mereka memiliki iklan tetapi YT terlalu memonopoli sekarang. Aku berharap mereka segera mendapatkan saingan,” komentar netter lain.

“Sekarang sudah banyak iklan. Ini melelahkan,” pungkas yang lainnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...