Yuan Masuk Daftar Mata Uang IMF Akhir November

Yuan Masuk Daftar Mata Uang IMF Akhir November

Senin, 16 Nov 2015 | 07:31 | Rusmanto
WinNetNews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) mengisyaratkan akan memasukan yuan ke dalam mata uang internasional, akhir bulan ini. China menyambut gembira.

Ketua IMF Christine Lagarde mengatakan yuan memenuhi persyaratan menjadi mata uang yang dapat digunakan secara bebas.

Lagarde menjamin yuan akan masuk special drawing rights (SDR) ketika dewan eksekutif IMF bertemu pada 30 November. Keputusan ini akan menjadi tonggak penting bagi China sebagai lokomotif ekonomi global.

Saat ini, SDR terdiri dari dolar AS, euro, poundsterling, dan yen. Jika yuan -- juga dikenal sebagai renminbi -- masuk SDR, mata uang China memperoleh status mata uang cadangan devisa di banyak negara.

Bank Sentral China mengatakan masuknya yuan ke SDR akan memberi manfaat bagi perekonomian China dan dunia.

"China berpikir masuknya yuan ke SDR akan meningkatkan sistem moneter internasional," demikian pernyataan Bank Sentral China.

China adalah perekonomian terbesar kedua di dunia, dengan mata uang yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Agustus lalu, devaluasi yuan menyebabkan kekacauan, yang membuat Barat menuduh Beijing melancarkan perang mata uang melalui intervensi pasar secara langsung.

Washington, terutama Kongres AS, mungkin pihak yang paling tidak senang dengan masuknya yuan ke SDR karena akan menjadi tantangan serius terhadap dolar.

disadur dari situs inilah

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...