Yuan Resmi Jadi Mata Uang Elite Dunia

Rusmanto

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Yuan Resmi Jadi Mata Uang Elite Dunia
WinNetNews.com - Dana Moneter Internasional (IMF), Senin (30/11), secara resmi memasukan yuan , atau renminbi , ke dalam special drawing rights (SDR) sebagai mata uang elite dunia.

Baca juga: Yuan Masuk Daftar Mata Uang IMF Akhir November

Dewan Eksekutif IMF akan bertemu untuk memutuskan menerima yuan ke dalam SDR, menyusul dolar AS, euro, poundsterling Inggris, dan yen Jepang.

PressTV melaporkan tidak ada alasan bagi IMF untuk menolak yuan masuk ke dalam SDR. China adalah lokomotif ekonomi dunia saat ini, kendati Beijing masih setengah hati melepas yuan sebagai mata uang yang diperdagangkan.

Kehadiran yuan dalam SDR akan membuat China lebih serius menantang dominasi AS.

Awal November lalu Christian Lagarde, ketua IMF, mengatakan yuan memenuhi semua syarat menjadi mata uang cadangan devisa dunia dan dapat digunakan secara bebas.

Jika yuan masuk ke dalam SDR, yang seharusnya sejak 30 September lalu, pengguna akan punya waktu untuk persiapan. Rusia adalah salah satu negara yang menyambut baik kehadiran yuan di pasar mata uang dunia. Moskwa akan mengeluarkan obligasi senilai 6 miliar yuan pada tahun 2016.

Maxim Oreskhin, deputi Menteri Keuangan Rusia, mengatakan kepada Tass bahwa Rusia memutuskan untuk memasukan yuan dalam cadangan devisa.

Yuan mulai diperdagangkan di bursa Moskwa tahun 2010. Sejak itu volume perdagangan tumbuh signifikan. Russia Today melaporkan pedagang Rusia mencetak rekor dengan membeli 18 miliar yuan sepanjang Agusutus 2015, yang membuat nilai mata uang itu naik 400 persen.

AS dipastikan akan lebih waspada mengamati tumbuhnya pengaruh keuangan China, karena sejumlah negara berkembang mulai meninggalkan mata uang dolar AS.

disadur dari inilahcom

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...