Yuk, Bikin Camilan Donat! ini Resepnya!

Yuk, Bikin Camilan Donat! ini Resepnya!

Minggu, 4 Sep 2016 | 09:18 | kontributor

WinNetNews.com - Libur akhir pekan itu memang sangat enak jika digunakan untuk bersantai. Tapi bukan berarti kamu harus bersantai seharian tanpa aktivitas apa pun ya!

Bagi kamu yang hobi makan atau ngemil, gak ada salahnya sesekali membuat cemilan favorit kamu sendiri di rumah, misalnya donat.

Donat salah satu cemilan yang banyak disukai dan bisa mengenyangkan perut. Membuat donat sendiri tentu rasanya lebih enak daripada harus membeli donat di toko roti yang harganya cukup menguras kantong.

Berikut ini ada resep membuat donat lembut, enak dan empuk,yang harus kamu coba di rumah! Ceck it out!

Bahan yang perlu kamu siapkan:

- Tepung terigu sebanyak 1/2 kg

- Gula sendok pasir sebanyak 4 Sdm

- Mentega sebanyak 3 Sdm

- Ragi instan sebanyak 11 gram atau 1/2 bungkus

- Air sebanyak 200 cc

- Susu bubuk dan kental sebanyak 3 Sdm

- Garam sebanyak 2 sendok teh

- Telur sebanyak 2 butir

Setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah terkumpul, selanjutnya kita membuat adonan donatnya. Caranya mudah kok! Yuk simak langkah-langkah berikut ini!

  1. Terlebih dahulu 2 butir telur dikocok hingga berbusa, kemudian campurkan garam, gula pasir, susu, tepung terigu dan mentega, setelah itu aduk hingga rata.
  2. Setelah itu masukkan ragi ke dalam air dan aduk hingga merata, kemudian masukkan ragi ke dalam adonan yang sudah dibuat pada poin nomer 1, setelah itu uleni adonan tersebut sampai kalis, masukkan dalam wadah tertutup dan diamkan selama 21 menit sampai adonan mengembang
  3. Jika sudah di diamkan selam 21 menit dan adonan sudah mengembang, sekarang saatnya ambil adonan sebanyak 1 sendok makan dan bulatkan. setelah itu campurkan adonan yang sudah dibulatkan tersebut ke dalam tepung terigu supaya adonan tersebut tidak lengket. Lakukan cara tersebut berulang-ulang sampai adonan habis, kemudian agar adonan terlihat mengembang, biarkan selama 21 menit
  4. Setelah didiamkan selama 21 menit dan adonan yang sudah dicampur tepung terigu mengembang, sekarang saatnya untuk memanaskan minyak goreng, adonan yang sudah diberi tepung jangan lupa dikasih lubang. setelah minyak goreng memanas, masukkan adonan donat tersebut ke dalam minyak goreng, dan gunakan api kecil, tunggu sampai donat berubah warna jadi kecoklatan. Setelah dirasa warnanya sudah cantik, angkat dan tiriskan donat hingga dingin.
  5. Setelah donat dingin, kemudian olesi donat tersebut dengan mentega, lakukan cara tersebut berulang-ulang. setelah itu taburi dengan toping sesuai dengan selera kamu. Bisa dengan Mesis, chocho chip, keju, atau coklat yang dilelehkan.

Setelah donat kreasi mu sudah selesai dibuat, sebelum dimakan jangan lupa difoto dulu ya! Setelah itu upload ke medsos favourit kamu (biar makin eksis & tambah semangat. Hihihi)

Untuk membuat donat yang lembut, enak dan empuk memang gampang-gampang susah. Tapi jangan nyerah ya, sebelum dicoba! Selamat mencoba!

Resep terisnpirasi dari laman bundalita

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...