Skip to main content

Yuk Bikin 'Chocolate Lava Cake' Sendiri di Rumah! Mudah Kok!

Sensasi coklat yang meleleh ketika dipotong, bagaikan lava gunung berapi.
Sensasi coklat yang meleleh ketika dipotong, bagaikan lava gunung berapi.

WinNetNews.com - Akhir-akhir ini ada satu kue yang kehadirannya makin hits di setiap resto dan kafe-kafe tongkrongan anak muda. Kue apakah itu? Namanya Chocolate Lava Cake.

Meskipun namanya berbau-bau letusan gunung berapi (lava pijar), tapi jangan bayangkan kalau bahan baku pembuatan kue ini memakai campuran lava pijar yang diaduk bersama coklat kemudian dioven hingga matang. Yang harus kamu bayangkan adalah rasa lembut kue bercampur manisnya lelehan coklat hangat yang gak cuma meleleh lumer ketika kamu memotong kuenya, tetapi juga bisa bikin hati kamu lumer kayak habis dapet senyuman manis dari gebetan. Hihihi

Di Italia, kue yang satu ini dikenal dengan nama "Tortino Al Ciccolato Fondente". Kalau kamu ingin mencicipi sensasi makan kue ini, gak perlu jauh-jauh datang ke Italia. Karena di Indonesia kue ini bisa ditemui di hampir setiap menu dessert di restoran. Harganya tidak terlalu mahal, biasanya berkisar 25 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Bagi yang suka bereksperimen, dessert yang satu ini ternyata mudah dibuat sendiri di rumah lho! Sebelum membuatnya, pastikan kalau di rumah kamu ada benda yang bernama oven. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan yang diperlukan

  1. Dark cooking chocolate (coklat batangan) 150 gram
  2. Mentega tawar 75 gram
  3. Telur 4 butir
  4. Garam 1/4 sendok teh
  5. Gula pasir 125 gram
  6. Tepung terigu 75 gram (protein sedang)
  7. Baking powder 1/2 sendok teh

Bahan Taburan

  1. Gula Donat 1/2 sendok makan
  2. kayu manis bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Lava Cake

  1. Pertama-tama potong dark chocolate dan lelehkan bersama mentega dalam satu wadah yang diletakan di atas panci yang berisi air panas di atas kompor dengan api kecil (di tim). Pastikan sampai benar-benar larut.
  2. Dengan menggunakan wadah berbeda kocok telur bersama garam dan gula pasir selama kurang lebih 5 menit sampai kental. Setelah itu tambahkan tepung terigu dan baking powder. Ayak dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Tambahkan campuran mentega dan dark chocolate tadi kedalam adonan. Aduk lagi sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan kedalam cetakan muffin (pendek) yang sebelumnya telah diolesi margarin.
  5. Masukan adonan kedalam oven dan aturlah suhunya pada 190 derajat celcius. Tunggu selama 13 menit.
  6. Ambil lava cake dari dalam oven, balik dan letakan pada piring saji
  7. Lava cake siap disajikan dengan ditaburi bahan taburan diatasnya.

Jangan takut gagal sebelum mencoba membuat chocolate lava cake sendiri di rumah. Karena untuk membuat kue ini tidak memerlukan keahlian khusus dan sangat praktis untuk dipraktekan. Selamat mencoba!

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top