Yuk… Lakukan Cara Ini ? Kalau Terpaksa Nahan Pipis Loh

Yuk… Lakukan Cara Ini ? Kalau Terpaksa Nahan Pipis Loh

Sabtu, 26 Nov 2016 | 11:34 | Muchdi

WinNetNews.com - Dinginnya AC membuat orang sering kebelet pipis. Saat rapat penting dan memberikan presentasi, rasanya sulit untuk meninggalkan sebentar hanya untuk ke toilet. Atau saat di jalan Anda terpaksa menahan kencing. Padahal menahan itu sangat sulit dan tidak menyenangkan. Apalagi menahan pipis bisa tidak bagus untuk kesehatan.

Dikutip dari Healthmeup,ditulis Sabtu (26/11/2016), menurut Urologis Dr Lewis Liew , jika masih memungkinkan menahannya karena alasan fasilitas, privasi, waktu, dan kesempatan, inilah cara mengatasinya :

- Menata posisi tubuh

Cara Anda menempatkan tubuh Anda bisa membantu Anda mengencangkan otot-otot di sekitar kandung kemih dan buatlah diri Anda merasa seperti menahan jika itu memungkinkan. Jangan tekan perut bagian bawah Anda. Itu bisa membuat banyak tekanan pada kandung kemih Anda.

- Menyilangkan kaki ketika berdiri

Jangan menyilangkan kaki Anda ketika duduk. Melakukan ini bisa menyebabkan rasa sakit atau kemungkinan hilangnya kontrol kandung kemih. Membuka kaki Anda selebar Anda bisa, akan membantu Anda bertahan lebih lama. Anda mungkin merasa seperti akan kehilangan kontrol, tetapi jika Anda membiarkan perasaan mengabaikan (yang biasanya memakan waktu sekitar 20 detik), Anda akan mampu bertahan lebih lama lagi.

- Tutup uretra Anda

Kebanyakan orang melakukan ini secara otomatis ketika dorongan buang air kecil baru pertama dirasakan. Semakin bertambah dorongan itu, menekan otot yang tidak diperlukan bisa menjadi usaha yang sia-sia dan menambah masalah menjadi buruk. Fokuslah dengan mengidentifikasi dan menekan otot-otot di sekitar uretra (saluran pipis) sementara biarkan otot yang lainnya santai dengan sendirinya.

- Hindari mengguncang atau menggoyangkan tubuh Anda

Hindari posisi berubah yang tiba-tiba, tegang, atau gerakan mendadak. Tetap pelan dan sealami mungkin. Minimalkan minum apapun saat Anda ingin buang air kecil. Tapi minum yang cukup untuk mempertahankan hidrasi normal, menghindari apa yang tidak perlu. Minum ketika Anda benar-benar haus, tidak minum minuman hanya karena itu ada.

- Gangguan pikiran

Hindari pikiran yang membuat Anda kencing. Jangan memikirkan apa pun yang membuat Anda menjadi sangat ingin buang air kecil. Ketahuilah Anda tidak bisa "meledakkan" kandung kemih Anda. Refleks tubuh Anda yang akan membuatnya mengalami luka serius. Selama Anda mampu menahan kembali, kandung kemih Anda tidak dalam kondisi bahaya yang serius. Anda merasa ingin "meledak" atau sesuatu yang bisa menyakit Anda itu hanya ilusi.

Jangan berpikir membiarkan urine sedikit keluar bisa menolong. Itu tidak akan. Membiarkannya sedikit saja keluar itu mustahil, kandung kemih Anda tidak akan berhenti. Jangan tertawa atau memikirkan sesuatu yang lucu. Tertawa bisa menyebabkan otot Anda kontraksi (seperti diafragma) yang menempatkan Anda memberikan tekanan pada kandung kemih Anda.

- Duduk tegak tapi santai

Jangan membungkuk. Angkat tubuh bagian atas dan biarkan punggung melengkung, tekan kandung kemih Anda, tapi jangan menegangkan perut Anda karena bisa menambah tekanan. Santailah pada bagian perut. Jangan condong ke depan, tarik bagian depan panggul Anda ke atas, atau menekan perut Anda ke dalam.

Tetaplah hangat. Jika Anda bisa, buat diri anda sehangat mungkin dengan menutupinya dengan selimut, nyalakan pemanas, atau dekatkan pengeriting rambut dengan tubuh Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...