Yuk… Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku dengan 4 Cara Unik Ini

Muchdi
Muchdi

Yuk… Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku dengan 4 Cara Unik Ini Ilustrasi mengigit kuku ( Photo U-Report )
Winnetnews.com -  Kebiasaan menggigit kuku tak hanya dinilai jorok. Kebiasaan menggigit kuku juga berisiko mengganggu kesehatan dan membuat penampilan kuku rusak.

Jika dilakukan sekali-kali, mungkin tidak jadi masalah. Namun menggigit kuku yang dilakukan secara sering bisa menimbulkan luka di bagian kuku.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Prevention, dikutip Sabtu (11/5/2019), Ingin berhenti menggigit kuku? Berikut ini 4 cara yang bisa dilakukan.

1.Ubah pemikiran

Studi yang dilakukan University of California menyebut orang yang senang menggigit kuku memiliki pemikiran perfeksionis. Menggigit kuku dilakukan saat tegang atau cemas karena merasa belum memenuhi kesempurnaan yang dituju.

"Berpikirlah realistis apa hal yang bisa Anda capai atau tidak. Sebab, ketika Anda terlalu terobsesi menapai sesuatu, salah satu hal yang kerap dilakukan si perfeksionis adalah menggigit kuku. Cobalah tenang dan tetap fokus pada tujuan Anda," ujar pakar prikiatri Kieron O'Connor, PhD.

2. Manikur

Di sisi lain, melakukan perawatan manikur dan padikur bisa membantu Anda berhenti menggigit kuku.

The American Academy of Dermatology menunjukkan kadang perawatan kuku yang mahal bisa mencegah Anda menggigit kuku. Sudah pasti, mengingat uang yang digunakan untuk mempercantik kuku pastinya membuat Anda merasa sayang jika harus merusak kuku bukan?

3. Cat kuku

Selain manikur, cara lain yang bisa dilakukan untuk berhenti menggigit kuku adalah menggunakan cat kuku.

Menggunakan cat kuku dengan warna yang Anda sukai, namun berbau tak sedap bisa membuat kamu menyukai tampilan kuku namun tak betah menggigitnya.

4. Temui psikolog

Ketika kebiasaan menggigit kuku sudah mengganggu keseharian, maka bisa jadi Anda mengalami masalah kejiwaan.  Segera temui psikolog untuk mengetahui masalah psikologis yang dialami.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?