Yuk Ikuti 5 Tips Ini Agar Tidak Mudah Lupa
Foto: eLearning Industry

Yuk Ikuti 5 Tips Ini Agar Tidak Mudah Lupa

Sabtu, 11 Agt 2018 | 12:42 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Saat Anda lapar dan ingin pergi ke sebuah supermarket, Anda akan membeli beberapa bahan makanan. Saat dirumah, Adna sudha tahu apa yang akan Anda beli, namun setelah sampai di supermarket, Anda lupa apa yang akan Anda beli. Begitu mudahnya ingatan Anda hilang. Anda perlu konsultasi dengan dokter Anda jika hal ini sering terjadi.

Anda mungkin berpikir bahwa kekurangan memori terjadi karena sudah tua, tetapi sebenarnya ada cara untuk memperkuat memori Anda. Menurut Real Simple, neuroplastisitas adalah kemampuan otak untuk mengembangkan neuron dan membangun koneksi untuk meningkatkan memori Anda. Tidak peduli usia Anda, Anda memiliki kemampuan untuk mempelajari tugas baru dan memperkuat memori Anda, karena otak Anda mampu membentuk jalur baru yang membantu Anda dengan mempelajari informasi baru dan mengingat untuk waktu yang cukup lama.

Seperti otot, Anda harus bekerja ke luar otak Anda dan memberikan otak dengan nutrisi yang tepat agar bisa sepenuhnya berfungsi.

Seperti dikutip dari Cheatsheet , Rabu (23/11), berikut lima tips untuk meningkatkan memori, yang akan membuat otak Anda tajam selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Tidur

Salah satu cara yang paling efektif untuk memperkuat memori adalah meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda. Menurut Health.com, para peneliti di University of Pennsylvania menemukan bahwa kehilangan tiga atau empat jam tidur dalam satu malam bisa sangat merugikan memori Anda. Hal ini diyakini bahwa kurang tidur dapat mengambil delapan jam waktu tidur untuk otak Anda untuk mengubah memori baru ke ingatan jangka panjang. Tanpa tidur, Anda mungkin tidak dapat mengingat detail setiap pekerjaan, dan membuat pekerjaan Anda menjadi berantakan.

2. Makan makanan yang tepat

Untuk membantu menjaga memori Anda setajam mungkin, perhatikan makanan yang anda konsumsi. Menurut Mercola.com, bahwa sayuran segar dan lemak sehat sangat diperlukan untuk kesehatan otak, dan Anda harus menjaga gula halus dan karbohidrat gandum secara minimum. Selain itu, meningkatkan asupan asam lemak omega-3 yang bisa Anda konsumsi seperti ikan, seperti salmon dan tuna segar, akan mempertahankan fungsi otak yang sehat. Tapi Anda harus bekerja untuk menghilangkan makanan tinggi asam lemak omega-6, seperti minyak olahan sayur, minyak jagung, dan margarin. Jika Anda mengalami kesulitan menghapus minyak dari diet Anda, gantilah dengan minyak zaitun sebagai minyak goreng utama Anda, atau lebih baik lagi, minyak kelapa, itu adalah lemak sehat yang benar-benar dapat membantu mencegah penyakit saraf. Sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk otak Anda seperti seledri, brokoli, kembang kol, dan kenari, semuanya mengandung antioksidan untuk kesehatan otak Anda, dan dapat membantu merangsang produksi sel-sel otak baru.

3. Olahraga secara teratur

Meskipun motivasi utama dari olahraga yang Anda lakukan adalah untuk mengencangkan otot, Anda mungkin tidak menyadari bahwa latihan fisik bisa sangat baik untuk meningkatkan kemampuan memori otak Anda. Mayo Clinic menyatakan bahwa latihan fisik membuat otak Anda tajam karena meningkatnya aliran darah melalui tubuh Anda. Ketika Anda berolahraga, otak Anda melepaskan norepinephrine, bahan kimia yang sangat mempengaruhi memori Anda.

4. Olahraga untuk otak Anda

caranya? Bermainlah permainan yang bisa mengasah otak, mendengarkan instrumen atau bermain intrumen lagu, atau menjawab teka - teki silang dari koran. Hal - hal tersebut bisa menajamkan memori otak dan ingatan Anda. Lakukan hal - hal menyenangkan ini selama 15 sampai 30 menit. Jika Anda sering melakukan hal ini, maka segalanya bisa menjadi mudah karena ingatan Anda begitu tajam.

5. Hang out bersama teman Anda

Mengenai kesehatan otak Anda, bergaul dengan teman-teman Anda mungkin bisa membantu me-refresh otak Anda. Saat Anda bermain dengan teman Anda, ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan memori untuk tetap aktif secara sosial dan berkontribusi terhadap percakapan dalam kelompok. Dr Karen Li, kepala laboratorium Concordia University bagi perkembangan Orang Dewasa dan proses penuaan secara kognitif, mengatakan dalam cerita seperti percakapan dan kemudian menambahkan pikiran dan berhubungan pengalaman Anda membutuhkan pikiran yang agak mahir. Bersosialisasi juga bagus untuk menghilangkan tekanan, yang dapat membantu untuk kekuatan memori. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk berinteraksi, dan berbicara dengan teman-teman Anda dapat langsung meningkatkan mood Anda dan membuat Anda dalam kondisi mental yang sehat.

Dalam penelitian terbaru, Harvard School of Public Health menyimpulkan bahwa orang dengan kehidupan sosial yang aktif memiliki tingkat paling lambat dari penurunan mental. Hubungan merangsang otak, sehingga sangat penting untuk mengejar ketinggalan dengan teman dan keluarga, bahkan mungkin menjadi cara terbaik untuk mendukung kesehatan mental dan emosional Anda, dan pada akhirnya, memori Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...