Skip to main content

Yuk Intip Kue Natal Unik dari Berbagai Negara

Yuk Intip Kue Natal Unik dari Berbagai Negara
Yuk Intip Kue Natal Unik dari Berbagai Negara

WinNetNews.com – Hari penuh sukacita akan tiba. Seluruh umat Nasrani akan menyambut Hari Natal penuh hikmat. Saat yang tepat untuk mendengarkan lagu-lagu Natal, mengamati ornament pernak-pernik Natal yang cantik, mencari hadiah untuk orang-orang tercinta, dan tentu saja makan kue!

Banyak jenis kue Natal yang dapat disajikan dan tidak semua kue Natal itu adalah kue buah, tergantung pada budaya dan negara. Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue Natal, berikut adalah kue tradisional khas Natal dari berbagai negara yang dapat kamu sajikan saat perayaan Natal di rumah atau kirim ke orang-orang terdekat sebagai hadiah.

1. Speculaas / Belanda

image0

Speculaas merupakan salah satu kue khas Natal dari Belanda. Biskuit speculaas ini menggunakan bahan baku berupa bumbu spekkoek dan gula palem. Biskuit speculaas ini memiliki citarasa manis berempah dengan tekstur yang renyah. Awalnya, biskuit speculaas ini dibuat untuk memperingati Hari Raya Sinterklas yang jatuh pada tanggal 5 dan 6 Desember. Karena itulah biskuit speculaas biasanya dibuat menyerupai penampilan Sinterklas. Karena itulah, biskuit Speculaas ini dicetak dengan menggunakan cetakan dari kayu.

2. Yule Log / Perancis


image1

Warga di negara Prancis memiliki tradisi membuat dan membagikan kue Natal dari resep tradisional yang bernama Yule Log, dimana bentuk kue ini sengaja dimiripkan menyerupai batang kayu. Hal tersebut dimaksudkan karena batang kayu merupakan bahan utama untuk tungku perapian agar ruangan tetap hangat pada hari raya Natal yang berlangsung pada musim salju. Bagi warga Prancis, kue Yule Log ini juga dipercaya dapat memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya bencana kebakaran.

3. Panettone / Italia


image2

Panettone merupakan salah satu kue berupa roti manis asal Milan, Italia. Panettone biasanya dihidangkan pada perayaan Natal dan tahun baru. Panettone ini bahkan menjadi lambang dari kota Milan. Roti panettone pertama kali dibuat di Milan pada abad ke-18. Bahan membuat panettone sendiri menggunakan bahan-bahan yang lezat seperti mentega, telur, susu, kismis, kulit jeruk yang diparut, dan kacang-kacangan. Panettone memiliki bentuk seperti kubah dengan tinggi sekitar 30 cm. Panettone biasanya disajikan dengan wine atau kopi. Di Italia, panettone juga kerap dinikmati bersama sesendok keju mascarpone.

4. Oliebollen / Belanda


image3

Sama seperti biskuit speculaas, oliebollen adalah kue khas Natal dari Belanda yang kerap dijuluki donat belanda. Olibollen sebenarnya merupakan penganan khas Belanda dan Belgia (di Belgia dikenal sebagai smoutenbollen). Oliebollen terbuat dari gandum, telur, gist, susu, baking powder, garam, lalu ditambahkan kismis dan irisan apel. Kemudian adonan ini dibentuk bulat-bulat dan digoreng.

5. Stollen dan Gingerbread / Jerman


image4

Maksud dari Gingerbread bukanlah salah satu versi dari platform Android yang kita kenal. Gingerbread adalah kue kering yang dibuat dari yaitu spekuk atau biasa dibuat dari kayu manis bubuk, cengkih bubuk, bunga pala bubuk, dan kapulaga bubuk.

Sedangkan Stollen seperti kue Panettone namun terbuat dari adonan roti yang diberi campuran manisan buah, kulit lemon dan kacang almond. Berkat campuran dari aneka buah kering yang sudah direndam rum sebelumnya, aroma roti ini menjadi lebih harum. Jika disimpan selama beberapa hari, maka Stollen akan menjadi lebih lezat dan harum. Karena itu, biasanya Stollen dibuat beberapa hari sebelum hari raya Natal tiba. Keduanya adalah kue tradisional khas Jerman.

6. Kue Strawberi / Jepang


image5

Meski umat nasrani hanya 1%-2% dari total populasi Jepang dan orang-orang Jepang tetap bekerja seperti hari biasa, pabrik-pabrik tetap berproduksi, toko-toko tetap buka dan para murid tetap bersekolah. Ternyata mereka tetap mempercantik mall-mall dengan pernak-pernik Natal, mereka bahkan mendekorasi pohon Natal di rumah dan mengadakan pesta bersama teman maupun keluarga.

7. Bolo Rei / Portugal


image6

Bolo rei merupakan fruit cake tradisional dari Portugal. Kue ini disebut-sebut juga sebagai kue khas Natal. Bolo Rei sendiri memiliki arti sebagai “king cake” alias kue raja. Bolo rei dibuat dari terigu, telur, ragi, mentega, juga susu, kulit jeruk lemon parut, dan kismis. Bagian atasnya lalu ditaburi manisan cherry, kacang almond dan walnut cincang. Yang unik, Bolo rei biasanya dibuat dalam bentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya seperti donat, mirip dengan mahkota. Bolo rei memiliki citarasa yang legit dengan aroma yang harum.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top