Yuk Jaga Kesehatan? Jangan Minum Kopi Lebih dari 3 Gelas per Hari Loh
ilustrasi

Yuk Jaga Kesehatan? Jangan Minum Kopi Lebih dari 3 Gelas per Hari Loh

Minggu, 15 Jul 2018 | 11:38 | Muchdi

WinNetNews.com - Menjamurnya kedai kopi di kota-kota besar di Indonesia membuat penikmat kopi kegirangan. Mengandung kafein, kopi lazim diminum pagi saat untuk menambah fokus dan membuat tubuh lebih segar sebelum bekerja.

Namun sebuah studi yang dilakukan oleh American Beverage Association dan National Coffee Assocition menyebut terlalu banyak minum kopi dapat membuat keracunan kafein, meningkatkan risiko serangan jantung, hingga merusak kepadatan tulang.

Berdasarkan analisis dari 400 penelitian soal kopi, ditemukan ambang batas maksimal kafein yang mampu ditolerir tubuh dalam satu hari adalah 400 miligram. Jumlah tersebut setara dengan 3 gelas kopi ukuran sedang.

"Satu gelas kopi mengandung 75 hingga 165 miligram kafein. Karena itu jika Anda penikmat kopi, pastikan tidak melebihi ambang batas maksimal untuk menjaga kesehatan," tutur peneliti, Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Reuters, Minggu (15/7/2018).

Studi ini juga memberikan rekomendasi ambang batas maksimal konsumsi kafein bagi ibu hamil, yakni 300 miligram per hari. Sementara untuk anak-anak dan remaja, konsumsi kafein dianjurkan tidak melebihi 50 hingga 65 miligram per hari.

Hal senada pernah dikatakan oleh dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari Mayapada Hospital Lebak Bulus menuturkan bahwa bagi orang sehat batas yang aman untuk minum kopi hitam (tanpa campuran gula dan krim) adalah 1-2 cangkir per harinya.

"Yang terbukti jika konsumsi kafein dari kopi lebih dari 5 gelas per hari memang bisa membuat masalah jantung," ujar dokter yang akrab disapa dr Ayu ini.

Untuk mengurangi dampak buruk kebanyakan minum kopi, dr Ayu menyarankan untuk melakukan diet rendah lemak, menjaga berat badan tidak berlebih, dan juga olahraga rutin dan teratur. Dengan begitu, tubuh yang sehat dan bugar pun bisa didapatkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...