Yuk… Jaga Kesehatan Tubuh Selama Lebaran, Ini  Tipsnya
Ilustrasi Lebaran atau Idul Fitri ( Photo iStock )

Yuk… Jaga Kesehatan Tubuh Selama Lebaran, Ini Tipsnya

Jumat, 7 Jun 2019 | 15:40 | Muchdi
Winnetnews.com -  Idulfitri atau lebaran merupakan saat berbahagia usai berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Pada momen ini, biasanya keluarga berkumpul dan disajikan sejumlah makanan yang khas seperti opor atau kue seperti nastar dan kastengel.

Banyaknya makanan yang disajikan pada saat lebaran ini membuat kita sering kalap dan makan berlebihan sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Menurunnya kondisi kesehatan ketika lebaran ini bisa menimbulkan masalah terutama jika kamu masih memiliki acara yang harus dijalani.

Masalah yang biasa dialami adalah heartburn serta pencernaan karena perubahan kebiasaan makan yang terjadi pada tubuh.

Seperti dikutip dari situs Merdeka dari laman  The Health Site, dikutip Jumat (7/6/2019), berikut cara membuat kamu tetap sehat selama memperingati lebaran.

- Hindari Makan Besar

Makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi sering menyebabkan masalah di perut karena lama untuk dicerna. Hal ini biasa menyebabkan perut menjadi sebah, pencernaan terganggu, perut kembung, dan heartburn. Ketika kamu kembali ke pola makan yang lama, sebaiknya mulai dalam jumlah kecil dan pilih makanan yang menyehatkan.

- Konsumsi Makanan dalam Jumlah Kecil tapi Sering

Makan berat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah pada perut karena butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna. Makanlah dalam jumlah kecil namun berulang untuk membuat perut lebih mudah mencernanya dan merangsang metabolisme. Sebaiknya jaga jarak antar makan tetap singkat sekitar 3-4 jam.

- Konsumsi Makanan Menyehatkan

Makanan bersantan dan berlemak sering disajikan pada saat lebaran sehingga menyebabkan masalah pada tubuh. Sebaiknya kurangi asupan lemak yang berasal dari makanan serta kurangi juga jumlah gula dari kue dan minuman yang kamu konsumsi. Sebaiknya tetap konsumsi buah untuk membuat tubuh kamu sehat pada lebaran ini.

- Masak Makanan dengan Cara Menyehatkan

Dibanding makanan yang digoreng, sebaiknya kamu pilih makanan yang dipanggang atau dibakar. Selain itu hindari juga makanan seperti ikan dan sayur yang terlalu matang karena cara memasakan ini bisa membuang kandungan bitamin dan mineral di dalamnya.

- Kurangi Konsumsi Garam

Kurangi konsumsi garam pada makanan, hal ini dapat diganti dengan rempah dan bumbu lain yang lebih menyehatkan. Berbagai rempah dan bumbu alami ini bisa mengandung antioksidan, vitamin, mineral, minyak yang menyehatkan, dan juga memiliki kandungan anti bakteri sehingga lebih baik dibanding garam.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk membuat tubuhmu tetap sehat menjalani lebaran ini. Pastikan kondisi tubuhmu tetap sehat selama lebaran dan bisa menjalani berbagai aktivitas.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...