Yuk Jaga Ususmu Dengan Makanan Ini !

Yuk Jaga Ususmu Dengan Makanan Ini !

Wingamers - Bagi Anda yang terobsesi menurunkan berat badan, berbagai cara menurunkan berat badan akan dicoba tanpa memikirkan efeknya pada usus. Kesehatan usus tak boleh disepelekan. Mulailah mempertimbangkan makanan alami yang menyehatkan.

Kacang-kacangan

Kacang merah mengandung rendah lemak, kaya protein, sumber nutrisi yang benar-benar akan memberi makan bakteri baik dalam tubuh. Kacang-kacangan juga merupakan sumber folat dan antioksidan serta protein tumbuhan lignan dan saponin. Saponin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan, seperti kacang merah, memiliki nutrisi serbaguna yang bisa dihidangkan, baik sebagai lauk maupun makanan utama.

Selain dari makanan-makanan penting yang disebutkan di atas, usus Anda juga bisa mendapatkan manfaat sehat dari berbagai sumber makanan alami lainnya, misalnya bluberi. Cobalah secara perlahan untuk memasukkan makanan-makanan ini dalam menu keseharian Anda. Perubahan makanan yang tiba-tiba justru dapat menyebabkan perut kembung dan terasa tak nyaman. Jika sudah terbiasa, usus akan lebih sehat, metabolisme lancar, dan penurunan berat badan bisa Anda dapatkan sebagai bonusnya.

Bawang putih

Jenis sayuran ini telah lama diteliti sebagai antibakteri alami. Beberapa penelitian kecil telah menghubungkan peningkatan konsumsi bawang putih untuk menurunkan adenoma, pertumbuhan non-kanker dalam usus besar. Senyawa alami dalam bawang putih, seperti selenium, arginin, dan ajoene, bertanggung jawab pada manfaat kesehatan, termasuk membuang kotoran dari dalam tubuh dan membantu memperbaiki mekanisme tubuh Anda.

Sebagai catatan, studi hanya menggunakan bawang putih mentah, bubuk, dan minyak untuk penyembuhan serta menyebutkan bahwa penggunaan bawang putih berlebihan dapat menyebabkan gejala sakit lambung, termasuk diare.

Biji flax seeds

Biji flax seeds adalah biji yang berasal dari bunga flax. Duduk sambil menikmati semangkuk besar flax seeds mungkin terdengar tak menarik, tetapi Anda bisa menggunakannya untuk ditambahkan padasmoothies, sereal, dan makanan lain. Flax seeds meningkatkan kandungan serat pada setiap makanan dan mengandungphytonutrients. Flax seeds juga merupakan sumber lemak omega 3 alami, yang sudah diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Probiotik

Bakteri baik akan membantu memecah dan menghilangkan "limbah" dari tubuh Anda. Dalam keadaan normal, usus tidak memerlukan probiotik. Namun, ketika Anda mengalami gangguan pencernaan, seperti diare atau kembung, makanan fermentasi seperti yoghurt atau kefir dapat membantu memberikan suntikan bakteri baik yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh.

Sayuran hijau gelap

Ketika disebut sayuran berwarna hijau gelap, kebanyakan orang akan langsung membayangkan seikat bayam. Padahal, banyak jenis sayuran berdaun hijau gelap seperti kale atau romaine. Makanan yang berasal dari tumbuhan ini mengandung serat yang dapat membantu membersihkan usus bersama dengan folat dan vitamin serta mineral.

Satu hal penting yang harus dicatat adalah bahwa tidak semua sayuran berdaun hijau diciptakan sama. Semangkuk selada, misalnya, hampir tidak memiliki nutrisi penting. Pasalnya, komponen utamanya adalah air. Catatan lain adalah, semakin gelap warna hijaunya, semakin banyak manfaatnya bagi tubuh.