Yuk Keliling Sumatera Barat dan Temukan 7 Tempat Wisata Ini!

Fellyanda Suci Agiesta
Rabu, 03 Agustus 2016 17:00 WIB
Oleh Fellyanda Suci Agiesta pada Rabu, 03 Agustus 2016 17:00 WIB
Image Yuk Keliling Sumatera Barat dan Temukan 7 Tempat Wisata Ini!

WinNetNews.com - Traveling ke Sumatera Barat sepertinya tidak lengkap jika hanya mengunjungi satu atau dua tempat wisata saja. Masih banyak lagi tempat wisata alam yang unik sekaligus menantang yang harus kamu kunjungi. Tidak hanya itu saja, wisata alam di Sumatera Barat juga terbilang langka loh! apa saja?

1. Kelok 9

image0

Percaya atau tidak, jalur kelok 9 memang memiliki 9 tikungan tajam. Saking tajamnya, pengendara harus berhati – hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Selain itu, kelok 9 juga melewati lembah, untuk itu dibuatlah jembatan yang super tinggi. bagi kamu yang cepat mual dengan perjalanan melewati gunung, disarankan untuk meminum obat anti mabuk. Karena tikungan ini memang sangat tajam dan jumlahnya cukup banyak.

2. Kelok 44

image1

Setelah mencoba melewati kelok 9, sepertinya tidak lengkap jika tidak mencoba melalui kelok 44. Dibandingkan dengan kelok 9, pemandangan kelok 44 terbilang lebih indah. Karena saat perjalanan, kamu akan diperlihatkan langsung dengan pemandangan Danau Maninjau. Tetapi tetap harus berhati – hati ya jika melalui jalur ini.

3. Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang

image2

Pernah mendengar dua pulau terpisahkan oleh air laut? sepertinya kisah ini terjadi pada Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang. Jika kamu beruntung, kamu dapat menyebrangi dua pulau ini hanya dengan berjalan kaki! Jaraknya hanya 300 meter. Kamu dapat menyebrang asalkan air laut sedang surut. Bahkan sutunya air laut sampi benar – benar kering. Letak Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang juga tidak jauh dari Pantai Air Manis. Itulooh pantai yang memiliki legenda Malin Kundang.

4. Bonjol Khatulistiwa

image3

Siapa bilang Sumatera tidak punya bukti telah dilalui garis khatulistiwa? Buktinya sudah ada! Telah dibangun sebuah tugu bernama Bonjol Khatulistiwa. Bagi mereka yang berhasil melalui tugu ini, berarti mereka telah melalui garis khatulistiwa. Selain itu, letak Bonjol Khatulistiwa berada di dalam area Museum Tuanku Imam Bonjol Tersebut. Mau mencoba ke tempat ini? boleh kok! Letaknya di kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

5. Ngalau Kamang

image4

Masih berkaitan dengan Imam Bonjol. Konon Ngalau kamang menjadi tempat persembunyian prajurit Imam Bonjol sewaktu masa penjajahan Belanda. Ngalau Kamang berada di Durian, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, berupa seperti Gua dengan panjang 5 kilometer. Sayangnya kondisi gua sudah sangat memperihatinkan, banyak pekerja mengambil batuan kapur di gua ini. Tapi tetap, Ngalam Kamang adalah wisata yang sangat bersejarah.

6. Istana Basa Pagaruyung

image5

Istana nan megah ini terletak di Tanjung Emas, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Menjadi istana pertama yang di resmikan tahun 1989. Agar tetap berdiri kokh, sepmat beberapa kali mengalami renovasi. Istana berbentuk rumah gadang khas Padang ini pernah menjadi tempat tinggal Raja Minangkabau dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

7. Ngarai Sianok

image6

Wisata dengan pemandangan tebing yang alami ini berada di Bukittinggi. Ngarai Sianok memiliki jurangnya sekitar 100 m yang membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Untuk kamu yang senang menyendiri juga sepertinya cocok ke tempat ini, karena suasananya yang damai, sejuk dan tenang. Beberapa masyarakat juga menyebut Ngarai Sianok sebagai Lembah Pendiam.

 

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Sama dengan Uruguay dan Argentina, Prancis Dua Kali Juara Piala Dunia

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.