(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yuk Lakukan Hal Ini, Apa Bila Berhalangan Saat Wawancara Kerja

Muchdi
Muchdi

Yuk Lakukan Hal Ini,  Apa Bila Berhalangan Saat Wawancara Kerja Ilustrasi wawancara kerja ( foto Istimewa )

WinNetNews.com - Panggilan wawancara kerja tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Banyaknya lamaran yang Anda layangkan saat mencari pekerjaan tentunya memberi kemungkinan bentroknya jadwal seleksi maupun wawancara kerja.

Sebagai pemburu kerja, tentunya Anda menginginkan untuk mengikuti semua rangkaian seleksi. Akan tetapi, jika terjadi jadwal yang bersamaan, Anda harus bijak memilih salah satu saja.

Atau ada berbagai kemungkinan tak bisa menghadiri panggilan wawancara karena sakit, berada di luar kota, ataupun sedang mengikuti kegiatan penting lainnya.

Nah, apa yang harus dilakukan jika berhalangan seperti demikian? Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Cermati.com, Jakarta, Minggu (4/11/2018),  berikut yang harus Anda lakukan bila berhalangan menghadiri wawancara kerja.

1. Beri Kabar pada Pihak Perusahaan

Walaupun tidak dapat menghadiri wawancara kerja sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sangatlah disarankan untuk memberi konfirmasi kepada pihak perusahaan atas ketidakhadiran Anda. Sebab perusahaan tentunya sudah memiliki perencanaan dan persiapan untuk segala rangkaian seleksi yang akan diadakan.

Pihak perusahaan akan lebih menghargai dan menghormati atas upaya memberi kabar serta konfirmasi dari ketidakhadiran Anda. Langkah ini juga penting untuk menjaga nama baik Anda serta menghindari tindakan black list yang sering dilakukan oleh pihak perusahaan.

2. Jelaskan Alasan Anda Berhalangan dengan Baik

Konfirmasi ketidakhadiran saja tentunya tidaklah cukup. Menyertakan alasan yang kuat dan jelas tentunya akan jauh lebih baik dan sopan.

Sampaikanlah alasan ketidakhadiran Anda dengan jelas. Sehingga Anda akan lebih dihargai dan dinilai mampu bertindak secara profesional.

3. Ajukan Jadwal Ulang Wawancara

Setelah memberi konfirmasi dan alasan yang jelas kepada pihak perusahaan, ada baiknya menanyakan kemungkinan untuk penjadwalan ulang atau reschedule wawancara kerja. Hal ini lumrah untuk dilakukan, apalagi jika Anda berhalangan karena alasan yang kuat, seperti sakit ataupun mengikuti sebuah kegiatan yang begitu penting.

Permintaan penjadwalan ulang juga akan membuat perusahaan mempertimbangkan Anda sebagai calon karyawan yang berkemauan besar dan pantang menyerah.

Saat mengajukan penjadwalan ulang, sebaiknya Anda menyarankan beberapa waktu yang mampu Anda luangkan. Selalu ingat untuk menggunakan kata-kata sopan dan tidak bertele-tele kepada pihak perusahaan.

4. Manfaatkan Kesempatan dengan Baik

Adapun jika permohonan jadwal ulang Anda disetujui oleh perusahaan, manfaatkanlah kesempatan tersebut sebaik-baiknya.

Toleransi yang telah diberikan janganlah disia-siakan dan Anda tentunya harus berkomitmen dengan permohonan Anda sebelumnya. Usahakan untuk datang pada kesempatan kedua yang perusahaan berikan.

Utamakan Etika

Segala rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh pihak perusahaan merupakan ajang penilaian terhadap para pencari kerja. Oleh sebab itu, baik dalam proses wawancara kerja ataupun rangkaian seleksi lainnya, selalu junjung tinggi etika dan sopan santun.

Tidak hanya agar dinilai baik oleh perusahaan, tetapi juga untuk menunjukkan Anda adalah orang yang berkomitmen dan berkualitas serta layak untuk mendapatkan posisi yang ditawarkan perusahaan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});