Skip to main content

Yuk, Lebih Sehat! Dengan BAB Sambil Jongkok

ilustrasi BAB http:www.theworldofchinese.com
ilustrasi BAB http:www.theworldofchinese.com

WinNetNews.com- Tempat Buang Air Besar (BAB) jongkok rasanya cukup familiar dengan orang Asia juga tentu orang Indonesia. Mungkin di beberapa rumah masih mengunakannya tapi sebagian besar rumah di perkotaan kita mengunakan tipe tempat BAB duduk sehingga agak jarang lagi orang mengunakan Tempat BAB jongkok.

Alasannya mungkin bisa beragam ya. Tapi memang gaya tempat BAB duduk sedang trend belakangan. Tapi apa iya tempat BAB duduk itu lebih sehat dari tempat BAB jongkok. Oh tunggu dulu...

Dikutip dari Hipwee yang melansir laman Daily Mail, sejumlah ahli malah mengatakan kalau tempat BAB alias toilet yang digunakan sambil jongkok merupakan yang paling tepat dan direkomendasikan, terutama untuk buang air besar.

Ingin tahu kenapa? Yuk kita kupas lebih jauh.

1. Ternyata toilet jongkok itu lebih higienis

Ketimbang memakai tempat BAB duduk, tempat BAB jongkok lebih higienis disebabkan tidak terjadi kontak langsung antara bagian pantat dan bibir tempat BAB atau bibir toilet.

Dalam pemakaian toilet jongkok, bagian tubuh berkenaan langsung dengan bagian toilet hanya telapak kaki. Telapak kaki yang menapak pijakan kaki toilet jongkok tidak begitu berpengaruh kepada kesehatan.

Sedangkan toilet duduk, bagian pantat terjadi kontak langsung dengan dudukan toilet. Bila toilet kurang higienis, bisa menyebabkan infeksi saluran kencing dan kelamin terutama pada perempuan, anyang-anyangan, keputihan, infeksi rongga rahim, malah juga bisa terkena infeksi saluran telur yang mengakibatkan tidak bisa punya keturunan.

Toilet jongkok dapat mengurangi risiko infeksi saluran kencing dan kelamin terutama kepada perempuan karena perpindahan jamur, kuman dan bakteri bisa diminimalkan.

2. Toilet jongkok bantu kontraksi otot perut dengan maksimal

Sehingga tak perlu banyak tenaga untuk mengejan berlebihan. Posisi ideal untuk BAB sambil jongkok yaitu dengan paha tertekuk pada perut. Posisi semacam ini, membuat otot perut akan lebih berkontraksi lebih maksimal.

Hal ini memberikan pengaruh tekanan alami yang lebih besar guna mengeluarkan kotoran. Alhasil, kita tak perlu lagi mengejan berlebihan sebab proses BAB otomatis jadi lancar dan cepat selesai. Kondisi seperti ini sangatlah baik bagi penderita wasir atau ambeien.

Beda sewaktu memakai toilet duduk, otot perut susah berkontraksi maksimal hingga proses BAB jadi lebih lama. Posisi duduk yang terlalu lama mengakibatkan paha menekan di dudukan toilet sehingga aliran darah dari bawah ke atas jadi terhambat. Hal ini sebenarnya yang memicu ambeien.

3. Melatih kekuatan alat tubuh

Mengunakan toilet jongkok membuat kaki dan otot kaki lebih kuat, juga melatih otot betis dan paha, serta melatih otot guna menahan berat badan.

Lutut juga akan semakin terjaga kesehatannya. Posisi jongkok pun merilekskan otot yang tegang, baik untuk pekerja kantoran yang pekerjaannya banyak duduk.

4. Mengunakan toilet jongkok juga bisa menjaga fungsi saraf

Ya! Mengunakannya bisa menjaga saraf panggul serta mengontrol kantung kemih dari kerusakan, dan memudahkan proses persalinan

Kekuatan otot dasar panggul menjadi kunci untuk kesehatan saluran pembuangan (anus dan kemih) dan kesehatan reproduksi.

Terutama bagi kaum perempuan di mana kekuatan otot dasar panggul sangat diperlukan dalam masa kehamilan dan juga dalam proses persalinan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top