Yuk Lihat Keindahan Alam Disekitar Data Center Facebook

Rani
Rani

Yuk Lihat Keindahan Alam Disekitar Data Center Facebook

Jakarta, WinGamers - Salah satu tempat penyimpanan dan pemrosesan data milik jejaring sosial raksasa facebook berada di dekat Kutub Utara. Data center raksasa itu tepatnya berada di kota Lulea, Swedia. lokasi ini dekat dengan lingkar Artik yang dikelilingi oleh hutan dan danau. Berbeda dengan empat data center raksasa facebook lainnya yang semuanya berada di Amerika Serikat, data center raksasa facebook ini dikelilingi oleh pemandangan salju dan pohon pinus disekelilingnya,.

image0

Data center Facebook di Lulea Swedia, ketika musim salju (WinGamers/Flickr)

image1

WinGamers melansir, data center di Lulea ini mulai digunakan pada tahun 2013. Peran data center yang lokasinya cukup menawan ini sangatlah vital. Kebanyakan data center yang terletak di dekat kutub utara ini mengelola dan menangani data yang berasal dari benua Eropa. Anda perlu tahu bahwa, setiap harinya Facebook menerima sekitar 350 juta foto, 4,5 miliar like dan 10 milar pesan.

image2

Ruang data center facebook (WinGamers/flickr)

Kondisi geografis Lulea yang memiliki hawa dingin sangat mendukung fasilitas komputerisasi yang ada di data center tersebut. Mereka lebih efisien dalam menggunakan energi, sebab hawa dingin alami yang bisa mencapai 20 derajat celcius dialirkan ke dalam gedung sebagai pendingin alami. Sementara hawa panas server dialirkan ke luar gedung.

image3

Ruang sirkulasi udara Data Center Facebook (WinGamers/Flickr)

Selain itu pasokan listrik di Lulea juga terbilang besar dan cukup stabil. Bangunan data center seluas 300 x 100 meter ini juga dilengkapi dengan mesin diesel sebagai back-up jika listrik mengalami masalah.

image4

Ikon Like Facebook dibuat dari material es/salju (WinGamers/Flickr)

Sebanyak 150 pekerja asal penduduk setempat dipekerjakan untuk mengelola data center ini. Uniknya, di kawasan tersebut juga sering dijumpai pemandangan aurora yang begitu menakjubkan. Sehingga kondisi ini cukup nyaman bagi karyawan untuk bekerja. Selain itu, saat musim dingin ada banyak salju dan danau es yang juga bisa dijadikan sarana wisata. Kehadiran data center Facebook itu juga turut menumbuhkan ekonomi lokal. Ada restoran dan hotel baru berdiri di Lulea. Minat penduduk lokal pada teknologi pun semakin tinggi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});