(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yuk Minum Kopi Tiap Hari! Ini Loh 5 Khasiat Sehat yang Didapat

Muchdi
Muchdi

Yuk Minum Kopi Tiap Hari! Ini Loh 5 Khasiat Sehat yang Didapat ilustrasi

WinNetNews.com - Merayakan Hari Kopi Internasional, paling enak sambil menikmati kopi. Selain enak, kopi juga memiliki banyak manfaat.

Menjalin hari terasa kurang lengkap kalau belum menyeruput kopi. Selain membangkitkan semangat, kafein pada kopi juga bisa memberikan manfaat sehat.

Dikutip dari situs detikFood  yang dirangkum dari beberapa sumber, Jakarta, Sabtu (6/10/2018), Mulai dari mengurangi risiko penyakit diabetes hingga kanker, ini 5 manfaat sehat minum kopi.

1. Meningkatkan fungsi jantung pada orang tua

Meminum kopi hingga 4 cangkir setiap hari dipercaya bisa meningkatkan fungsi sel-sel jantung. Selain itu kandungan kafein pada kopi bisa membantu orang tua pulih dari serangan jantung.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitain yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Heinrich-Heine-University di Jerman.

Penelitian yang dilakukan pada tikus tersebut menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan gerakan protein sebagai pengatur untuk meningkatkan fungsi dalam melindungi sel-sel jantung serta kerusakannya.

2. Melindungi dari sirosis hati

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sputhampton menemukan bahwa dengan meminum kopi dapat menurunkan risiko sirosis. Sirosis hati adalah jenjang akhir dari proses fibrosis hati.

Merupakan konsekuensi dari penyakit kronis hati yang ditandai dengan adanya penggantian jaringan normal dengan jaringan fibrosis sehingga sel-sel hati akan kehilangan fungsinya.

Menurut penelitian, dengan minum satu cangkir per hari terbukti mengurangi risiko sebesar 22%, dua cangkir sebesar 43% dan tiga cangkir sebesar 57%.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Zat-zat yang terkandung dalam kopi bisa membantu untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, seperti yang ditemukan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Aahus di Demark.

Menurut ilmuwan, awalnya mereka berpikir bahwa kafein satu-satunya zat yang bermanfaat, ternyata zat lain pada kopi juga bermanfaat untuk kesehatan. Tentunya kopi harus dikonsumsi tanpa gula, susu dan krim.

4. Melindungi dari kanker prostat

Penyakit lain yang bisa diatasi dengan kopi ialah kanker prostat. Dengan meminum tiga cangkir atau lebih kopi dalam sehari diyakini bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Asalkan Anda membuat kopi dengan cara orang Italia yang melibatkan tekanan tinggi, suhu air yang sangat tinggi dan tidak ada filter. Hal tersebut telah didapatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh IRCCS Neuromed, di Italia.

5. Meningkatkan energi saat olahraga

Dengan minum secangkir kopi di pagi hari sebelum berolahraga akan memberikan energi yang kuat. Pernyataan tersebut telah terbukti berkat penelitian yang dilakukan oleh Universitas Coventry.

Dalam sebuah penelitiannya, minum secangkir kopi sebelum lomba lari bisa meningkat waktu kinerja sebesar 2%. Kafein yang terkandung pada kopi juga dapat meningkatkan produksi energi, dan kewaspadaan mental yang dapat bertindak sebagai pendorong sebelum latihan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});