Yuk! Penuhi Sarapan Pagi dengan 9 Makanan Kaya Kalsium
Ilustrasi minum susu ( Photo shutterstock )

Yuk! Penuhi Sarapan Pagi dengan 9 Makanan Kaya Kalsium

Minggu, 30 Jun 2019 | 14:07 | Muchdi
Winnetnews.com -  Untuk tetap sehat dan berfungsi secara optimal, tubuh memerlukan banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. Kalsium merupakan salah satu mineral terpenting dan faktanya, kalsium merupakan mineral terbanyak yang ada di tubuh.

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi, serta berperan dalam kesehatan jantung, fungsi otot dan persinyalan saraf. Asupan harian yang disarankan adalah 1.000 mg per hari untuk orang dewasa, anak-anak usia 4-18 tahun disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak yakni 1.300 mg.

Akan tetapi masih banyak orang yang kurang dalam asupan kalsiumnya dan menganggap sumber kalsium yang terbaik adalah susu.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Health Line, dikutip Minggu (30/6/2019), berikut adalah 9 makanan sumber kalsium selain produk susu yang bisa kamu coba untuk sarapan pagi ini:

1. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber terbaik dari banyak nutrisi, salah satunya kalsium. Misalnya seperti biji wijen dan biji chia. Biji-bijian juga membantu menambah protein dan lemak sehat, seperti biji chia yang kaya akan asam lemak omega-3 nabati.

Sementara satu sendok makan biji wijen bisa memenuhi sekitar 9 persen asupan harian, dan sudah termasuk dengan mineral lainnya yakni tembaga, zat besi dan mangan.

2. Keju

Hampir semua keju mengandung kalsium, namun keju parmesan memiliki kandungan tertinggi. Yakni 331 mg atau 33 persen dari asupan harian per 28 gramnya. Keju dengan tekstur yang lebih lembut cenderung memiliki kandungan yang lebih rendah.

Tubuh juga lebih mudah menyerap kalsium dari produk susu. Namun perlu diingat untuk sebaiknya menghindari keju yang tinggi akan lemak.

3. Yogurt

Produk susu lainnya yang kaya akan kalsium adalah yogurt, yang juga mengandung bakteri probiotik hidup untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi 245 gram yogurt bisa memenuhi 30 persen asupan harian ditambah dengan fosfor, potasium dan vitamin B2 serta B12. Yogurt rendah lemak memiliki kalsium yang lebih tinggi dengan takaran yang sama, yakni 45 persen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...