Yuk… Perhatikan Warna Kuku Kaki, Bisa Tahu Tentang Kesehatan Tubuh Loh

Yuk… Perhatikan Warna Kuku Kaki, Bisa Tahu Tentang Kesehatan Tubuh Loh Ilustrasi kuku (Foto istimewa )

WinNetNews.com - Kebanyakan dari kita tidak terlalu memikirkan tentang warna dari kuku kaki, namun ternyata bentuk dan warna dari kuki kaki dapat memberikan informasi tentang kesehatan tubuhmu.

Kuku kaki yang sehat akan terlihat halus dan berwarna merah muda. Jika terdapat warna, bintik-bintik, atau garis yang berbeda bisa saja terdapat indikasi mengenai masalah kesehatan.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman Insider, Sabtu (29/9/2018), dr Miguel Cunha menjelaskan mengenai beberapa tanda yang bisa diperhatikan dari kuku jari kaki dan hubungannya dengan masalah kesehatan:

  1. Kuku Kaki Menghitam dan Keunguan

Kuku yang berubah warna menjadi hitam atau ungu kemungkinan mengalami "hematoma subungual" atau memar. Biasanya akan terjadi ketika jari kaki kejatuhan sesuatu yang sangat berat dan menyebabkan trauma.

Hal ini memang tidak terlalu serius, tapi akan memakan waktu yang cukup lama untuk warna kuku menjadi normal kembali.

"Hal ini akan berlangsung selama beberapa bulan, karena kuku jari kaki hanya tumbuh satu milimeter setiap bulannya," ujar dr Cunha.

  1. Kuku Kaki Menguning atau Berwarna Cokelat

Kuku kaki yang tebal dan berwarna kuning atau kecoklatan disebabkan karena adanya infeksi jamur. Jamur bisa berkembang dalam lingkungan yang gelap, hangat dan lembab seperti bagian dalam sepatu.

"Ketika jamur masuk lebih dalam, kuku kaki bisa menjadi tebal dan berwarna kuning serta ujungnya akan menjadi remuk yang sangat tidak enak dilihat," jelas dr Cunha.

Jika kuku kaki terlihat kuning atau kecoklatan, segera temui dokter untuk melakukan biopsi pada kuku. Selain itu, warna kecoklatan juga bisa disebabkan kekurangan vitamin B12. Ada baiknya untuk mengonsumsi vitamin saat kuku kaki mu terlihat berubah warna.

  1. Terdapat Bintik atau Garis Putih

Adanya bintik atau garis putih pada kuku kaki disebabkan karena sering memakai sepatu yang ukurannya tidak pas atau sempit. dr Cunha merekomendasikan meminum vitamin untuk membantu penyembuhannya.

Perubahan kuku menjadi putih juga bisa disebabkan karena anemia. Jadi, ketika kamu merasa sepatumu cocok-cocok saja tapi mengalami hal ini, mimnumlah suplemen penambah darah.

  1. Kuku Kaki Berwarna Merah

Perubahan warna kuku kaki menjadi merah bisa disebabkan karena malnutrisi. Banyak orang yang tidak menyadari mereka kekurangan gizi karena gejala awal malnutrisi sangat sulit untuk dideteksi. Saat kuku berubah warna menjadi merah, ada baiknya untuk mengunjungi tim medis segera.

  1. Garis Kuku Berwarna Hitam

Garis kuku yang menggelap merupakan tanda dari melanoma, kanker kulit yang paling mematikan. Penyebab lain dari kuku kaki menghitam adalah adanya pendarahan yang biasanya didapatkan karena cedera.

"Biasanya, kuku menghitam juga karena meminum obat jenis tertentu seperti obat kemoterapi, kanker kulit, atau penyakit imunodefisiensi seperti HIV, lupus atau skleroderma," ujar dr. Cunha.