Yuk Periksa Kesehatan Kaki dengan 5 Cara Sederhana Ini

Muchdi
Muchdi

Yuk Periksa Kesehatan Kaki dengan 5 Cara Sederhana Ini ilustrasi periksa kesehatan kaki ( Photo Istimewa )

Winnetnews.com -  Kesehatan kaki merupakan salah satu hal jarang menjadi perhatian bagi banyak orang. Seringkali orang tidak memperhatikan kondisi kesehatan kakinya secara menyeluruh kecuali sudah terlalu parah.

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang biasa ditunjukkan oleh kaki kamu dan umum dialami seseorang.

Seperti dikutip dari situs Merdeka dari laman Prevention, dikutip Sabtu (16/6/2019), berikut lima cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan kakimu.

1. Bintik Merah di Kaki

Kondisi melepuh atau bintik-bintik merah mungkin muncul pada kaki kamu. Hal ini bisa jadi disebabkan karena ukuran sepatu yang terlalu sesak. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengganti ukuran sepatu dengan yang lebih besar dan lebar.

2. Kuku Tumbuh secara Salah

Cara memotong kuku yang salah mungkin saja berkembang menjadi kuku yang tumbuh di dalah daging. Hal ini bisa berkembang menjadi cantengan sehingga sebaiknya kamu memotong kuku dengan potongan lurus.

3. Tumit Kapalan

Kapalan merupakan masalah yang banyak dialami pada tumit seseorang. Hal ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang dibiarkan dalam waktu yang lama. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi ini adalah dengan menggosok kaki menggunakan batu apung.

4. Jari Berubah Warna

Perubahan warna pada jari baik merah, biru, maupun ungu dapat menjadi tanda ada yang tak beres pada kakimu. Hal ini bisa menjadi tanda munculnya infeksi, cedera, atau masalah lain yang terkait dengan aliran darah.

5. Masalah Sirkulasi Darah

Masalah sirkulasi darah ini dapat dikenali dengan menekan jempol kaki dan menunggunya kembali pada warna semula. Jika membutuhkan waktu lebih dari lima detik, ini pertanda ada gangguan dalam sirkulasi darah kamu.

Masalah yang terjadi pada kaki ini kerap terjadi pada seseorang tanpa dia sadari. Pastikan untuk melihat dan memeriksa kakimu untuk mengetahui apakah terdapat masalah atau tidak.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?