Yuk Semangat Kerja ? Ini 5 Tips Agar Tidak Jenuh dan Stres di Kantor

Muchdi
Muchdi

Yuk Semangat Kerja ? Ini 5 Tips Agar Tidak Jenuh dan Stres di Kantor ilustrasi stres ( Photo Barristerlounge )
Winnetnews.com -  Semangat kerja adalah kunci keberhasilan. Para atasan yang memperkerjakan karyawan menginginkan hasil kerja nyata yang maksimal dari setiap karyawannya.

Tapi di sisi lain, karyawan terjebak dalam rutinitas kerja yang itu-itu saja. Seperti berangkat kerja pagi buta, lalu tenggelam dalam keadaan kerjaan yang setumpuk kerjaan dan diiringi juga dengan rapat.

Alhasil, produktivitas kerja menurun dan pekerjaan yang tadinya disuka menjadi membosankan. Tapi, keadaan tersebut tidak perlu kamu jadikan sebagai gaya hidup. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki semuanya detikers.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Healtline, Sabtu (20/4/2019), berikut  5 tips ini bisa bantu kamu agar tetap semangat kerja di kantor.

1. Temukan yang membuat bahagia

Mungkin terdengar aneh, tapi percayalah cara ini akan berhasil membantu meningkatkan semangat kerja di kantor. Tidak peduli apa yang akan kamu lakukan atau di mana berada, mulailah bahagia dari sekarang.

Ini bisa dilakukan sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri, setiap orang memiliki setidaknya satu hal kecil untuk disyukuri. Apakah itu lokasi kantor yang strategis dekat dengan pusat jajanan enak, secangkir kopi hangat bikinan istri yang selalu menyambut di pagi hari, atau bahkan sekadar bayangan kasur dan bantal hangat yang menanti kepulangan di rumah.

2. Buah meja kerja senyaman mungkin

Meja kerja berantakan adalah tanda pikiran yang berantakan juga healty friend. Ingat, waktu yang dihabiskan mencari kertas-kertas penting yang terselip di suatu tempat setiap hari adalah waktu tambahan.

Jika ingin semangat kerja tetap tinggi, coba sisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja. Bisa menghias meja kerja dengan gaya khas sendiri, misalnya dengan membawa boneka pajangan, tas makeup cadangan, bingkai foto anggota keluarga atau kekasih hati, atau mungkin poster idola kesayangan. Dengan begitu, hal ini bisa membuat diri kamu nyaman dan santai di kantor, layaknya di rumah sendiri.

3. Jika jenuh, istirahatlah

Pagi hari memang menjadi waktu yang paling tepat untuk menumpahkan segala tenaga dan pikiran untuk bekerja. Begitu jarum jam bergeser sedikit menuju sore hari, mata sudah mulai terasa berat.

Nah, agar tidak kepergok si bos saat sedang curi-curi tidur siang, coba bangkit dari kursi untuk ngulet atau jalan-jalan sebentar. Mungkin ke pantry untuk isi air minum, ke toilet untuk cuci muka, atau keluar gedung untuk cari cemilan sore.

Selingan singkat dari pekerjaan benar-benar dapat meningkatkan produktivitas dengan memompa aliran darah segar mengalir lancar sehingga memungkinkan kamu untuk kembali fokus pada pekerjaan dengan mata segar.

4. Jangan kebanyakan makan siang

Saat kelaparan, sepiring besar nasi padang dan semangkuk es campur tampak sangat menggoda untuk di makan. Tapi, tunggu dulu. Makan siang dengan membabi buta seperti ini justru hanya menaik-turunkan gula darah dengan cepat. Akibatnya kamu akan semakin loyo dan mengantuk di sore hari.

Sebaiknya bagi porsi makan dalam 4-5 kali sesi cemilan sehat kaya akan protein, serat, dan antioksidan. Menu makan seperti ini membantu kamu kenyang dan tetap fokus lebih lama.

5. Tersenyumlah

Banyak sebenarnya hal yang bisa membuat kamu tersenyum. Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja karena memberitahu otak untuk menjadi lebih bahagia, berkat pelepasan senyawa neuropeptida. Tersenyum juga bisa menular, sehingga membuat rekan kerja di sekitar ikut tersenyum dan bekerja lebih semangat.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?