Yuk Simak Penyebab Kulit Kering dan Tips Cara Mengatasinya

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Yuk Simak Penyebab Kulit Kering dan Tips Cara Mengatasinya

kulit merupakan lapisan pertama pada tubuh yang dapat melindungi tubuh dari berbagai elemen jahat, seperti paparan sinar matahari dan angin yang membuat kulit menjadi kering. Penyebab kulit kering beragam dan cara mengatasinya pun berbeda-beda.

Melansir laman dreamersradio.com, simak beberapa penyebab kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya. check this out guys !

1. Musim dingin

Meski di Indonesia tidak mengenal musim dingin yang suhunya benar-benar di bawah rata-rata tapi udara dingin seperti dari AC juga bisa menyebabkan kulit kering. Solusinya gunakan pelembab yang bisa melindungi bagian-bagian sensitif seperti bibir, wajah, dan tangan.

2. Mandi uap

Mandi uap memang dapat membuat tubuh lebih tenang, tapi tidak bagi kulit. Uap panas ini dapat mengeringkan minyak alami yang diproduksi tubuh lebih cepat sehingga membuat kulit kering. Agar tetap bisa menikmati mandi uap tapi tidak membuat kulit kering, sebaiknya atur suhu agar tidak terlalu panas, hangat-hangat kuku saja. Atau mengurangi durasinya. Jangan terlalu lama mandi uap, cukup lima menit saja.

3. Sabun

Hati-hati dalam memilih produk sabun yang digunakan. Tidak semua sabun dapat melembabkan kulit, banyak juga yang justru membuat kulit menjadi kering. Pilih sabun yang bebas wewangian yang melembabkan dan membersihkan.

4. Menggosok

Masih punya kebiasaan mandi dengan menggosokkan sponge mandi? Sebaiknya kebiasaan ini mulai dihilangkan karena gesekan pada kulit ini akan meningkatkan kekeringan, kata Nanette Silverberg, MD, seorang profesor dermatologi di Columbia University. Jadi sebaiknya gunakan tangan saja untuk menggosok kulit saat mandi.

5. Penuaan

Masalah alami yang membuat kulit kering ini bisa dimimalisir dengan penggunaan face and body cream yang tepa setiap pagi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});