Yuk Ubah Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Umur 40 !

Yuk Ubah Kebiasaan Buruk  Ini Sebelum Umur 40 !

WinNetNews.com – Saat masih muda kita masih berpikir umur kita akan panjang. Namun ketika usia kita bertambah, rasa khawatir pun menyerang. Mumpung masih muda, ubahlah beberapa kebiasaan buruk ini demi investasi kesehatan jangka panjang, sebagaimana yang dilansir laman kompas.

 

Merokok

Bahaya merokok sebenarnya tak perlu diingatkan lagi. Berhenti merokok sebelum Anda menginjak usia 40 tahun sebenarnya bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok sampai 90 persen.

Terlalu banyak mengasup garam

Hampir semua jenis makanan mengandung sodium tinggi, mulai dari sup, keju, daging olahan, saus, dan masih banyak lagi. Batasilah asupan makanan yang mengandung garam tinggi karena ini bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung dan stroke.

Malas minum air

Air akan menutrisi setiap sel dan organ dalam tubuh, termasuk kulit. Dengan bertambahnya usia, menjaga hidrasi tubuh akan semakin penting lagi karena orang yang lanjut usia biasanya kehilangan sensasi rasa hausnya.

Berbohong pada dokter

Banyak orang yang berbohong saat berkonsultasi dengan dokter. Padahal, berkata jujur kepada dokter sangat penting untuk menentukan terapi yang diperlukan.

 

Senang minuman manis

Kesukaan Anda mengonsumsi minuman manis bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kegemukan, resistensi insulin, dan diabetes.

Malas cek kesehatan

Meski Anda merasa sehat, kondisi tubuh bisa berkata sebaliknya. Banyak penyakit kronis yang tidak bergejala dan baru menyebabkan keluhan saat penyakitnya sudah berat.

Lakukan pemeriksan kesehatan secara berkala, misalnya, mengukur tekanan darah atau kadar gula darah, terlebih jika ada riwayat penyakit dalam keluarga atau gaya hidup Anda tidak sehat.

Terlalu "lengket" dengan gadget

Kehadiran gadget memang membantu hidup kita menjadi lebih praktis, tetapi terlalu bergantung pada peralatan komunikasi canggih itu bisa meningkatkan risiko penyakit.

Menurut penelitian, sinar biru dari gadget tidak cuma mengganggu irama sirkadian tubuh, tetapi juga membuat kualitas tidur berkurang. Menghabiskan banyak waktu dengan gadget juga membuat kita jarang bergerak.

Tidak memprioritaskan tidur

Seperti halnya ponsel Anda, tubuh dan otak juga perlu "reboot" dan "di-charge". Memiliki tidur yang berkualitas sangat penting untuk tubuh yang sehat. Kurang tidur menjadi faktor penyebab depresi dan mempercepat penuaan.

Melewatkan waktu makan

Tidak sarapan atau tidak makan malam sepertinya menjadi cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, cara ini justru membuat kita akan merasa lebih lapar dan makan banyak pada waktu makan berikutnya.

Sering melewatkan waktu makan juga membuat tubuh berada dalam "mode darurat" dan membuat kalori lebih banyak disimpan sebagai cadangan.

Mengabaikan gejala penyakit

Berat badan turun tanpa sebab, ada darah dalam tinja, atau kelelahan? Saat tubuh memberikan sinyal ada sesuatu yang salah, perhatikan. Mengenali gejala penyakit sedini mungkin bisa membuat penyakitnya ditangani sebelum telanjur parah.