Yuk… Wujudkan Resolusi Hidup Sehat di 2019, Ini Saran Dokter Loh

Muchdi
Muchdi

Yuk… Wujudkan Resolusi Hidup Sehat di 2019, Ini Saran Dokter Loh Ilustrasi hidup sehat ( Halfpoint )

WinNetNews.com - Banyak orang yang menjadikan gaya dan pola hidup sehat sebagai resolusi 2019. Bagi yang ingin mewujudkannya bisa mencontek saran dari Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W. untuk memulai langkah sederhana menerapkan hidup sehat. Yuk disimak tipsnya berikut ini.

1. Kelola Stres

Stres memang tidak dapat dihindari namun dapat dikelola untuk membuat hidup lebih sehat. Salah satu cara agar bisa mengelola stres dengan baik adalah mengetahui penyebab stres. Dokter Ervina menyarankan mengidentifikasi dulu pemicu stres tersebut sehingga dapat mengantisipasi langkah pencegahan stres.

Seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, dikutip Minggu (6/1/2019), "Langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran seperti jangan memendam masalah tapi lebih baik mengeluarkan unek-unek, meditasi, olahraga, jalani hobi, tidur yang cukup dan senantiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi," papar dr Ervina.

2. Olahraga Teratur 3-5 Kali Seminggu

Menurut dr Ervina, olahraga dapat mempengaruhi gaya hidup sehat. Untuk itu, sebaiknya melakukan olahraga secara teratur 3-5 kali seminggu. Bagi pemula, tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan aktivitas aerobik seperti berjalan kaki, berenang, atau lari selama 40 menit sehari sudah termasuk sangat baik jika dilakukan rutin. Untuk lebih maksimal dan bisa menerapkan olahraga secara rutin bersama dengan teman, saudara atau komunitas.

3. Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

Untuk memulai gaya hidup sehat, sangat disarankan untuk konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. dr Ervina juga menyarankan lebih baik buah dan sayur tidak dimasak atau bisa dijus, baik di pagi maupun malam hari.

Hindari hal-hal yang dapat merugikan kesehatan, seperti merokok, makan junkfood, dan minum alkohol. Selain itu juga kurangi minyak atau makanan mengandung lemak tidak sehat atau lemak jenuh. Dan tentunya jangan lupa untuk cukup minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari.

Terakhir yaitu menerapkan program TANGKAL. "Pola hidup sehat berawal dari niat. Untuk bisa menerapkannya, coba dengan kiat TANGKAL dalam pola hidup," tambah dr Ervina.

TANGKAL adalah singkatan dari Teratur periksa kolesterol 2 tahun sekali sejak usia 25 tahun, Awasi asupan dan pola makan, Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, Giat olahraga, Kendalikan berat badan dan kontrol stres, Awasi tekanan darah, dan Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester.

Selain mengonsumsi makanan sehat, untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, lengkapi juga nutrisi harian dengan Nutrive Benecol yang mengandung Plant Stanol Ester sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol 7-10% dalam 2-3 minggu dan risiko timbulnya penyakit jantung koroner.

Apa Reaksi Kamu?