Yuk…Hilangkan Stres Berlebihan dengan 7 Tips Ini

Muchdi
Muchdi

Yuk…Hilangkan Stres Berlebihan dengan 7 Tips Ini Ilustrasi stres berlebihan (Indianexpress)
Winnetnews.com -  Sedang stres dan banyak pikiran? Jangan diabaikan begitu saja. Stres jika didiamkan juga bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, lho.

Mulai dari mengganggu pola tidur, menurunkan nafsu makan, menimbulkan sakit kepala, sampai membuat daya tahan tubuh lama-lama menurun. Efek negatifnya, kamu pun bisa jadi mudah jatuh sakit.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencari cara mudah untuk membantu menghilangkan stres. Dikutip dari situs  detikHealth yang dirangkum dari berbagai sumber,Jakarta, Rabu (17/4/2019), ini 7 cara menghilangkan stres dan cemas berlebihan.

1. Seimbangkan pekerjaan dan keluarga

Jika stres banyak disebabkan oleh urusan pekerjaan, maka coba pikirkan kembali. Apakah selama ini waktu kamu lebih banyak dihabiskan di kantor? Jika iya, maka sebaiknya kaji kembali pengaturan waktu.

Upayakan untuk menyeimbangkan antara waktu untuk pekerjaan dan keluarga di rumah. Sediakan waktu lebih banyak untuk bisa bersenang-senang di rumah, cukup dengan mengobrol bersama pasangan atau keluarga.

Bergembira bersama keluarga merupakan salah satu cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres dan penat akibat pekerjaan yang menumpuk.

2. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur tak cuma sehat bagi fisik, tapi juga bagi psikis, aktif secara fisik dan rutin menggerakkan tubuh secara teratur dapat menyeimbangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah.

Pada akhirnya, kebiasaan baik ini pun turut membantu menghilangkan hormon stres dan membuat tubuh lebih rileks. Agar hasilnya lebih baik, lakukan olahraga di luar ruangan dan di pagi hari.

3. Pola makan yang sehat

Jika biasanya kita makan dengan menu yang tak sehat dan jadwal yang tidak teratur, terutama saat pekerjaan sedang menumpuk, maka kali ini coba sediakan waktu lebih khusus untuk makan.

Siapkan bekal dari rumah, memasak menu sehat, serta berbelanja bahan masakan sendiri. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga membantu membuat kamu bersenang-senang dengan sesuatu yang baru.

Tubuh yang kebutuhan nutrisinya tercukupi lebih berenergi dan lebih mampu beradaptasi pada masalah. Jadi, biasakan untuk rutin sarapan, makan lebih banyak buah dan sayur, hindari makanan olahan bergula dan minum lebih banyak air putih.

4. Cari lingkungan yang mendukung

Cara menghilangkan stres yang berikutnya adalah dengan memilih lingkungan yang tepat dan bisa memberikan kamu dukungan positif. Lingkungan dan teman-teman di sekitar sangat berpengaruh bagi seseorang yang sedang stres.

Jika kamu justru memilih sendirian, hal ini justru bisa membuat stres menjadi terasa semakin berat. Agar stres bisa mereda, carilah lingkungan sekitar yang benar-benar bisa mendukung kamu. Setidaknya cukup dengan bisa mendengarkan keluhan yang kita rasakan.

5. Lakukan hobi kesukaan

Punya hobi alias kegiatan kesukaan? Ini waktunya untuk menyediakan waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Kamu bisa coba melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berkebun, membaca buku, mendengarkan musik atau kegiatan kreatif lainnya. I

Intinya, cobalah untuk lebih terlibat dalam kegiatan yang membawa kamu pada kesenangan dan kegembiraan.

6. Cukupi jam tidur

Sering bergadang? Mungkin ini menjadi salah satu hal yang membuat stres tak kunjung mereda. Saat tidur malam kurang dari 7-8 jam, tubuh tidak bisa mengatasi stres dengan baik.

Jadi sediakan waktu lebih banyak untuk beristirahat ya healthy friend. Dengan begitu, tubuh punya metabolisme yang lebih baik dan produksi hormon rileks pun menjadi lebih seimbang.

Apabila stres yang dialami justru membuat terjaga di malam hari, atasi dengan melakukan hal-hal pereda stres lainnya seperti minum susu hangat sebelum tidur atau membaca buku kesukaan kamu.

7. Minta bantuan terapis

Apabila stres, cemas dan rasa jenuh yang kamu alami sudah kompleks dan beberapa cara di atas tak juga berhasil, mungkin ini waktunya untuk meminta bantuan dari tenaga profesional. Misalnya dari konselor, psikolog atau terapis.

Mereka memiliki ilmu dan keahlian khusus untuk mengatasi masalah seperti ini. Jika sudah berencana untuk melakukan sesi konsultasi, jangan lupa untuk terbuka dan jujur membicarakan penyebab dari stres yang Mama alami.

Apa Reaksi Kamu?