Yuk…Hindari 4 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
Ilustrasi berbuka puasa dengan kurma terlebih dahulu ( Photo  Shutterstock )

Yuk…Hindari 4 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa

Minggu, 3 Mei 2020 | 15:18 | Muchdi

Winnetnews.com -  Memasuki bulan Ramadhan, konsumsi makanan sehat yang tepat bisa menjaga tubuh tetap sehat. Tubuh yang sehat juga membuat ibadah saat bulan Ramadhan berjalan lancar.

Meski begitu, ada sejumlah kebiasaan tak sehat yang tanpa kita sadari kerap dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan terutama saat berbuka puasa.

Kesalahan yang berdampak pada kesehatan ini kerap tak disadari. Namun, hal tersebut bisa membuat ibadah puasa yang dilakukan menjadi tidak lancar lho detikers.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 kebiasaan tak sehat yang sering dilakukan saat berbuka puasa.

1. Terlalu banyak makanan manis

Konsumsi makanan manis saat berbuka puasa memang penting untuk mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang. Namun jangan mengkonsumsinya terlalu banyak.

Batasi konsumsi makanan manis agar tidak terjadi lonjakan gula darah secara tiba-tiba dan akhirnya malah akan membuat mengantuk.

2. Makan tergesa-gesa

Kondisi lapar yang dialami setelah berpuasa seharian terkadang membuat makan secara tergesa-gesa.

Sayangnya, hal ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga, sangat disarankan untuk makan secara perlahan.

3. Olahraga setelah berbuka

Berpuasa bisa menyebabkan jam olahraga yang biasa dilakukan menjadi mundur. Salah satu pilihan adalah melakukan olahraga setelah berbuka.

Jika ingin berolahraga, lakukan dua jam setelah berbuka puasa. Jeda waktu ini perlu untuk memberi waktu bagi tubuh mencerna makanan agar perut tetap terasa nyaman ketika olahraga.

4. Merokok setelah berbuka

Pada saat berpuasa, tubuh sangat membutuhkan oksigen untuk metabolisme. Jika fungsinya terhambat oleh karbondioksida, maka akan menderita badan lemas dan berisiko terkena anemia.

Selain itu, tar adalah zat yang terkandung dalam rokok, dapat mengakibatkan darah orang yang berpuasa semakin kental.

Zat ini bersifat lengket dan menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga orang yang berpuasa akan mengalami kekurangan cairan. Ginjal pun akan dipaksa untuk bekerja lebih berat. Jadi, yang terbaik adalah meninggalkan rokok dan menjalankan pola hidup sehat.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detikHealth.com dengan judul "4 Kebiasaan Tak Sehat yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...