Yuk…Kenali 4 Tips Keliru Soal Diet

Yuk…Kenali 4 Tips Keliru Soal Diet ilustrasi

WinNetNews.com - Tips diet ini sering kamu dengar, tapi ternyata apa yang kamu terima tidak sepenuhnya benar. Karena itu, jangan sampai terjebak dengan saran-saran berikut yang justru malah menjerumuskan kamu gagal mendapatkan berat badan ideal.

Seperti dikutip dari situs detikHealth dari laman Bold Sky, Selasa (1/5/2018), berikut ini adalah segelintir dari tips-tips yang kurang tepat yang malah akan menghambat proses penurunan berat badan. Ada yang masih kamu jalankan?

1. Ngemil secara rutin

Ada beberapa tips diet di luar sana yang menyarankan orang untuk lebih sering mengemil makanan sehat ketika mereka mencoba menurunkan berat badan sehingga orang tersebut kenyang dan tidak kalap.

Namun, ngemil yang sering juga dapat menambah jumlah kalorimu, sekalipun itu makanan sehat. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

2. Makan buah tanpa batas

Banyak orang yang memiliki rencana penurunan berat badan cenderung merasa bahwa selama mereka mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, itu sehat karena rendah kalori.

Hal itu membuat orang-orang terjebak dalam pikiran kalau mereka bisa memakannya sebanyak yang mereka suka. Namun ingat, buah juga dapat mengandung jumlah gula dan kalori yang tinggi, sehingga mengkonsumsi terlalu banyak juga dapat menghambat proses penurunan berat badan.

3. Terlalu ketat pada 'calorie counting'

Tentu saja, orang yang mencoba menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat atau lebih bugar harus berpegang pada rencana makan tertentu. Seperti misalnya melakukan penghitungan kalori berdasarkan makanan yang diasup dan energi yang dikeluarkan.

Memang sih efektif untuk membantu menurunkan berat badan, tapi kalau terlalu ketat bisa membahayakan sisi psikologis seseorang karena akan merasa bersalah jika tidak mengatur kalori dengan tepat.

4.Tidak makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya

Menurut nutrisionis Pooja Makhija, menurunkan berat badan dengan terlalu memilih atau mengistimewakan salah satu jenis asupan tertentu kurang dianjurkan. Sepertinya mengeleminasi karbohidrat untuk mendapatkan penurunan berat badan yang drastis.

"Kamu perlu karbohidrat. Ini merupakan makronutrien yang sangat penting, selain menjadi sumber energi yang penting, karbohidrat juga membantu menstabilkan mood dan membantu penyerapan kalsium serta fosfor," imbuh Makhija.