Yulius, Anak Buah OC Kaligis Diperiksa Lagi Sebagai Saksi Rio Capella

Rani
Rani

Yulius, Anak Buah OC Kaligis Diperiksa Lagi Sebagai Saksi Rio Capella

WinNetNews.com - Anak buah pengacara gaek Otto Cornelius Kaligis (OC Kaligis) bernama Yulius Irawansyah dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai saksi suap yang melibatkan Rio Capella.

Dilansir dari Detikcom Plh Kabiro Humas KPK Yuyu Andriati memberikan keterangan bahwa Yulius diperiksa sebagai saksi untuk tersangka PRC (Patrice Rio Capella). Dulu Yulius pernah dicekal terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus suap hakim PTUN Medan. Saat ini Yulius kembali diperiksa KPK untuk bersaksi di kasus Rio Capella.

Rio sedianya diperiksa pada Selasa (20/10) kemarin tetapi dia tidak datang. Rio beralasan pihaknya sudah mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). "Pak Rio tidak hadir karena kami sudah mengajukan permohonan praperadilan," kata pengacara Rio, Maqdir Ismail, Selasa kemarin.

Rio ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima uang dari Gatot Pujo Nugroho dan istri Gatot, Evy Susanti yang diduga untuk mengamankan kasus bansos di Kejati Sumatera Utara dan/atau Kejaksaan Agung.

Gatot dan Evy sudah ditetapkan sebagai tersangka di kasus yang sama. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Rio telah sekali memenuhi panggilan penyidik. Saat itu dia diperiksa sebagai saksi untuk Gatot dan Evy.

Akibat perbuatannya, Rio diduga melanggar Pasal 12 huruf a, huruf b atau Pasal 11 UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Rio terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});