Skip to main content

Yunani Mau Bangkrut, BI: Kami Amankan Dulu Rupiah

Yunani Mau Bangkrut, BI: Kami Amankan Dulu Rupiah
Yunani Mau Bangkrut, BI: Kami Amankan Dulu Rupiah

Jakarta -Yunani terancam bangkrut gara-gara tak bisa bayar utang 1,54 miliar (Rp 22 triliun) ke International Monetary Fund (IMF). Dampak dari bangkrutnya Yunani ini bisa menyebar ke mana-mana.

"Semua perekonomian kan sekarang terangkai, apa pun yang terjadi di Eropa pasti ada pengaruhnya. Pasti ada pengaruhnya ke domestik kita," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas di gedung BEI, Senin (29/6/2015).

Maka dari itu, bank sentral akan melakukan langkah-langkah pencegahan. Salah satu yang paling penting adalah menjaga nilai tukar rupiah tidak jatuh.

"Ini kan baru kejadiannya akhir minggu, ini hari kerja pertama Senin ini. Pengaruhnya kita lihat dulu, tapi langkah-langkah kami kan sebagai BI kita amankan dulu nilai tukarnya, langkah-langkahnya apa saja tunggu saja yah lagi dirapatkan," ujarnya.

Hari ini dolar AS sudah menguat gara-gara diburu investor, siang ini sudah berada di Rp 13.375. Tak hanya rupiah yang melemah gara-gara dolar AS, euro juga ikut turun ke titik terendah dalam satu bulan terakhir.

(cn)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top