Yunani Mulai Membayar Bunga ke IMF

Yunani Mulai Membayar Bunga ke IMF

Yunani melakukan pembayaran bunga pinjaman, Kamis (06/08/2015) kepada Dana Moneter Internasional (IMF). Itu guna menghindari gagal bayar lagi ketika negara terlilit utang itu melakukan negosiasi rencana penyelamatan ketiga.

Pembayaran merupakan yang pertama kalinya sejak awal Juni 2015 bahwa Yunani telah memenuhi batas waktu pembayaran pinjamannya kepada IMF. Yunani, yang kekurangan uang, gagal melakukan pembayaran utang 1,5 miliar euro pada 30 Juni 2015, menjadi negara maju pertama gagal bayar pada pinjaman IMF. Kurang dari dua minggu Yunani gagal lagi membayar 456 juta euro kepada IMF.

Ketika pertama kali gagal bayar pada akhir Juni, IMF membekukan akses Yunani ke sumber dayanya, termasuk pembiayaan program IMF yang sedang berlangsung bagi negara itu. Namun, pada 20 Juli 2015, Yunani membayar tunggakan kepada IMF sekitar dua miliar euro, setelah menerima pinjaman talangan darurat dari Uni Eropa, memulihkan kelayakan untuk pembiayaan IMF.

Perwakilan dari IMF, Komisi Eropa dan Bank Sentral Eropa, kreditor internasional dua dana talangan Yunani sejak 2010 -- saat ini di Athena menggelar negosiasi dengan otoritas Yunani tentang dana talangan ketiga. Yunani membutuhkan kesepakatan yang akan membuka dana talangan pada 20 Agustus ketika harus membayar sekitar 3,4 miliar euro yang jatuh tempo kepada Bank Sentral Eropa.

Setelah pembayaran kepada IMF, Kamis, Athena masih berutang sekitar 22 miliar euro, menurut situs lembaga yang berbasis di Washington itu. Pembayaran IMF berikutnya, sekitar 307 juta euro, akan jatuh tempo pada 1 September 2015. (jk)