Yunani nyaris bangkrut: Bank Tutup, ATM Antre

Rusmanto
Senin, 29 Juni 2015 08:38 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 29 Juni 2015 08:38 WIB
Image Yunani nyaris bangkrut: Bank Tutup, ATM Antre

Athena -Bank-bank di Yunani akan tutup pada hari ini. Ini dilakukan untuk mencegah kepanikan berupa penarikan dana besar-besaran, yang akan membuat bank kolaps.

Yunani tidak memiliki uang untuk membayar utang jatuh tempo ke International Monetary Fund (IMF) pada 30 Juni 2015.

Jumlah utang Yunani ke IMF sekitar US$ 1,8 miliar. Yunani bisa mendapatkan utang dari krediturnya di Eropa, namun Yunani enggan menyetujui persyaratan utang yang diajukan. Nasabah hanya bisa mengambil uang lewat ATM. Jumlahnya pun dibatasi. Bursa saham Yunani juga akan ditutup hari ini.

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras menolak mentah-mentah syarat utang dari Eropa dan IMF, dan akan melakukan referendum pada 5 Juli nanti.

Sejak itu, pejabat di Uni Eropa fokus untuk menyiapkan langkah memperkecil dampak bila krisis terjadi di Yunani.

Penampakan antrean di ATM sudah terjadi. Namun belum dijelaskan berapa batas pengambilan uang yang ditentukan. Media-media di Yunani mengatakan, dalam sehari, nasabah dibatasi mengambil 60 euro saja.

Maknyoosnya Bakso Rudal kenyal-kenyal
Lagi Viral! Ini Cara Bikin Es Kepal Milo, Gampang Lho!

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.