Skip to main content

Yunani Terancam Bangkrut, Kemenkeu: Rupiah akan Kena Imbasnya

Yunani Terancam Bangkrut, Kemenkeu: Rupiah akan Kena Imbasnya
Yunani Terancam Bangkrut, Kemenkeu: Rupiah akan Kena Imbasnya

Jakarta -Ancaman bangkrut negara Yunani menjadi sorotan dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah pun mengaku terus memantau kondisi yang terjadi di negara dewa-dewi tersebut.

"Persiapan dari dalam negeri tetap ada. Kita‎ liatin tiap hari," ungkap Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (30/6/2015)

Sebab, setiap perkembangan yang terjadi dengan Yunani pasti berdampak terhadap Indonesia. Apalagi bila Yunani sampai gagal dalam membayar utangnya dan bangkrut.

Dampak langsung yang pasti akan dialami oleh nilai tukar rupiah, yaitu pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bagi Indonesia yang terpenting, fluktuasi nilai tukar tidak terlalu tinggi.

"Nilai tukar rupiah akan ada impact-nya. Dan yang penting jangan terlalu fluktuatif," tegasnya.

Di samping itu Indonesia dan negara‎ berkembang lainnya menurut Suahasil akan menderita krisis kepercayaan dari investor.

"Saya rasa akan ada pengaruhnya, dalam bentuk kepercayaan ke negara berkembang. Efek pasti ada. Tapi berapa besarnya. Kita belum tahu," terangnya.

Yunani tampaknya belum bisa mengambil sikap atas penyelesaian utang 1,54 miliar euro (Rp 22 triliun) kepada International Monetary Fund (IMF). Utang ini jatuh tempo tepat hari ini, 30 Juni 2015.

Sebenarnya, Yunani bisa saja terlepas dari ancaman bangkrut jika bersedia menerima pinjaman kembali dari para kreditur yang tergabung dalam Troika, yaitu Uni Eropa, European Central Bank (ECB/Bank Sentral Eropa), dan IMF.

Troika ini bersedia memberikan bantuan hingga 7,2 miliar euro (Rp 108 triliun) untuk menutupi utang tersebut sampai akhir tahun ini dengan syarat tertentu, di antaranya Yunani diminta memangkas anggaran, terutama dana pensiun PNS, hingga menaikkan pajak. (detik.com)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top