Zulhas Klaim Tak Ada Mafia Minyak Goreng, PKS: Harus Bisa Buktikan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 5 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Zulhas Klaim Tak Ada Mafia Minyak Goreng, PKS: Harus Bisa Buktikan
Anggota Komisi VI DPR RI F-PKS Amin Ak

Winnetnews.com - Anggota Komisi VI DPR RI F-PKS Amin Ak menantang Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan untuk membuktikan klaim tidak ada mafia minyak goreng di Indonesia. Menurutnya, pernyataan Zulhas tersebut tidak sejalan dengan kondisi di lapangan.

"Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan harus bisa membuktikan pernyataannya yang menyebut tidak ada mafia minyak goreng di Indonesia. Mendag mengatakan, jika krisis minyak goreng selama tujuh bulan terakhir murni disebabkan lonjakan harga internasional," kata Amin Ak kepada wartawan, Selasa (21/6).

Amin lalu menyinggung soal pernyataan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang menyebut adanya kartel perdagangan minyak goreng. Selain itu, Amin juga menyoroti kelangkaan minyak goreng saat pemerintah menerapkan program subsidi minyak goreng.

"Jika bukan aksi mafia, siapa yang bisa melakukan ini dengan membangkang terhadap kebijakan pemerintah? Bagaimana Mendag Zulhas menjelaskan hal ini?" ucapnya.

Amin pun mendorong Zulhas untuk fokus menyelesaikan masalah minyak goreng dibanding melempar pernyataan tak jelas. Ia juga menantang Mendag untuk menyelesaikan persoalan minyak goreng dalam sebulan.

"Menurut hemat saya, daripada melemparkan polemik terkait mafia minyak goreng, seharusnya Mendag fokus bekerja untuk mengakhiri krisis minyak goreng. Energi publik disedot habis untuk menanggapi pernyataan pejabat yang menimbulkan polemik, sementara persoalan yang menyulitkan rakyat tak pernah secara serius diselesaikan," kata Amin.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...